Tips

4 Tips Memperoleh Hasil Print Tekstil yang Berkualitas

Dengan teknologi yang semakin berkembang dan pasar yang juga meningkat banyak kemunculan para desainer dan juga influencer yang menciptakan brand mereka sendiri. Mereka memberikan desain kain serta mencetak motif desain untuk pasar dan juga para penggemar mereka.

Sehingga nantinya produk atau baju yang mereka jual bisa terkesan eksklusif. Di dalam proses produksi sebelum akhirnya produk tersebut sampai ke tangan pelanggan terdapat beberapa hal penting yang perlu untuk Anda perhatikan.

Salah satunya yaitu memberikan motif dan desain yang bukan hanya menarik saja. Motif dan desain memberikan pengaruh yang sangat signifikan pada nilai jual, tampilan serta aura yang bisa dihasilkan oleh produk cetak kain.

Biasanya sebelum kain printer cetak pemilihan motif, gambar, desain ataupun artwork akan dipersiapkan dalam bentuk file digital. Hal tersebut mengingat cara cetak telah banyak memakai teknik digital printing.

Dalam rangka membantu Anda agar bisa memperoleh print kain yang benar-benar berkualitas maka berikut ini akan diberikan tipsnya.

Tips Memperoleh Hasil Sablon Kaos yang Berkualitas

 

Bandingkan Warna

Hal pertama yang penting untuk diperhatikan yaitu masalah akurasi warna. Umumnya warna yang tampil di LCD komputer nantinya akan berbeda dari warna hasil cetakan yang terdapat pada kain. Supaya di sini tidak salah dalam hal pewarnaan Anda bisa melakukan perbandingan agar bisa melihat hasil LCD dengan keluaran printer.

Anda bisa coba satu kain atau melakukan tes print sebelum akhirnya mencetak untuk jumlah yang banyak. Jika dirasa masih dirasa kurang sesuai maka Anda dapat memperbaiki warna sebelum kembali melakukan tes print hingga memperoleh warna yang benar-benar sesuai dengan keinginan.

Jenis Kain yang Digunakan

Di dalam proses cetak kain banyak sekali kain yang nantinya bisa jadi pilihan untuk dibuat sebagai bahan dan tempat menuangkan berbagai macam desain yang sudah dipilih. Untuk memperoleh hasil cetak yang terbaik Anda bisa memakai jenis kain yang memiliki kandungan polyester.

Beberapa bahan lain seperti kain katun, jersey, satin dan beberapa jenis lainnya. Beberapa bahan itu akan membuat hasil cetakan tidak mudah luntur dan cenderung awet.

Menggunakan Mesin Printer Khusus

Selain dua faktor di atas mesin printer adalah hal yang bisa memberikan hasil cetakan yang berkualitas. Oleh karena di sini digunakan untuk cetak kain maka printer yang dipakai pun tidak bisa dipilih secara sembarangan.

Diperlukan mesin printer khusus untuk melakukan percetakan kain. Jika Anda memakai teknik print kain menggunakan digital printing maka pastikan tempat layanan print kain custom tersebut memakai mesin printer digital yang memang khusus digunakan untuk memproduksi berbagai macam kain.

Pemakaian Tinta

Untuk memakai digital printer tekstil maka diperlukan tinta khusus serta tinta original yang sesuai dengan jenis kain yang nantinya hendak dicetak. Untuk produksi cetak kain biasanya memakai dua jenis tinta yaitu tinta tekstil dan tinta latex.

Agar bisa memperoleh cetakan yang jauh lebih memukau Anda bisa memakai tinta tekstil. Jenis tinta tersebut jauh lebih aman untuk digunakan sedangkan tinta latex lebih tepat jika digunakan untuk bahan yang dirasa lebih lentur seperti bahan kulit.

Itulah tadi beberapa tips yang perlu untuk Anda ikuti agar bisa memperoleh hasil print kain yang benar-benar berkualitas. Pastikan di sini Anda memilih jasa print tekstil yang berkualitas dan jangan terlalu tergiur dengan harga murah. Jangan lupa pula untuk memastikan reputasi hasil kerja dari jasa, agar di sini Anda tidak merasa tertipu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.