Bisnis

Apa Itu Shipping Dan Penjelasan Singkatnya

Mungkin bagi orang awam mendengar kata shipping masih teramat asing untuk dimengerti. Namun bagi mereka yang sudah lama berkecimpung dalam dunia toko online sudah akrab di telinga. Di era teknologi digital sekarang ini, kata shipping sudah sangat familiar. Lalu apa itu shipping?  Shipping berasal dari bahasa inggris yang secara simpelnya berarti pengiriman.

Apa Itu Shipping Dan Penjelasan Singkatnya

Berikut ini beberapa penjelasan tentang apa itu arti kata shipping, antara lain :

  1. Berhubungan dengan pengiriman barang

Secara istilah shipping merupakan istilah yang sering dikaitkan dengan jasa ekspedisi paket. Secara mudahnya shipping adalah pengiriman atas suatu paket atau  berpindah benda dari satu tempat ke tempat lainnya. Untuk contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari adalah produk atau barang yang hendak dijual dipindah dari tangan gudang atau penjual ke tangan konsumen. Itu dinamakan shipping.

  1. Awal mula dikenal dalam dunia ekspor impor

Awal mula istilah shipping dikenal sebagai istilah dalam dunia perdagangan  ekspor impor. Semula dinamakan dari perpindahan barang dalam ekspor impor. Namun seiring perkembangan bahasa membuat istilah shipping semakin luas dalam merambah pada  dunia bisnis toko online.

Dalam dunia perdagangan bisnis ekspor impor, istilah shipping disebut perpindahan barang menggunakan armada udara, darat dan laut.  Namun yang paling dominan adalah pengertian shipping lewat perpindahan menggunakan armada kapal laut.

  1. Lebih dominan berhubungan dengan perdagangan menggunakan kapal laut

Yang membuat kata shipping lebih banyak dominan terkait perpindahan melalui kapal laut. Karena pengangkutan muatan yang lebih besar kapasitasnya ketimbang jalur  darat dan udara. Dari segi biaya pun, ongkos shipping menggunakan kapal laut yang jauh lebih murah biaya ongkos kirim ketimbang shipping lewat jalur udara. Untuk kalangan pelaku bisnis maka cara yang paling cocok adalah menggunakan  kapal laut dalam bisnis perdagangan yang dilakukannya dalam skala besar.

  1. Dalam penyerahan barang lewat shipping maka berbentuk FOB.

Pada saat barang telah dikiriim kepada importir lewat jalur laut maka barang yang berada di laut menjadi tanggung jawab pihak importir sampai pelabuhan.

  1. Dalam bisnis toko online

Arti shipping lebih luas lagi yaitu proses pemindahan barang dari pihak penjual kepada pihak pembeli dengan nama transaksi pembelian.Arti shipping dalam dunia bisnis toko online bisa lebih luas lagi berupa jasa pengiriman barang yang bertugas mengirimkan barang dari penjual kepada pembeli.

  1. Shipping berbagai jenis

Pengertian secara mudahnya, shipping merupakan kegiatan pemindahan barang dari pihak penjual ke pihak pembeli. Adapun sarana yang dipergunakan dalam bisnis online seperti jasa pengiriman.  Untuk teknis pengiriman barang dari penjual ke tangan konsumen tentu berbeda-beda. Ada yang penjual mengirimkan kepada pihak jasa pengiriman. Lalu oleh jasa pengiriman dikirimkan kepada pihak pembeli.

Lalu ada pula jasa pengiriman barang yang bekerjasama dengan pihak penjual. Sehingga barang yang diperuntukkan bagi konsumen diambil langsung oleh pihak jasa pengiriman lewat datang langsung ka pihak penjual. Lalu dimasukkan ke dalam gudang hingga disampaikan kepada pihak pembeli. Cara ini sedang marak digunakan saat ini dalam dunia bisnis toko online.

Shipping lewat pengambilan barang oleh pihak ekspedisi dari tangan penjual lebih marak saat ini. Karena akan lebih memudahkan pihak penjual dalam menjual barang secara lebih banyak tanpa mesti keluar rumah.

Akan tetapi untuk melakukan shipping yang demikian dibutuhkan beberapa persyaratan yang harus disepakati oleh pihak perusahaan ekspedisi dan pihak penjual. Salah satu contoh persyaratan yang paling umum ditentukan adalah minimum order atau memberikan jaminan uang garansi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.