Tekno

Gubernur BI Bicara tentang Pendidikan di Sekolah Almamater SMAN 3 Solo

Di tengah kesibukannya menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo ikut aktif memikirkan tentang kemajuan pendidikan, khususnya di sekolah almamaternya, yaitu Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Solo.

Selepas menjadi narasumber dalam acara Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) yang diadakan Bank Indonesia di Hotel The Sunan Solo, Sabtu, 3 September 2022, Perry menyempatkan diri untuk hadir dalam pertemuan alumni SMAN 3 Solo yang digelar di hari yang sama.

Sebagai informasi, Perry Warjiyo merupakan alumnus SMA Negeri 3 Solo yang lulus tahun 1976.

Saat ini pria asal Gawok, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, itu menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat Roemah Tiga, yang merupakan wadah alumni SMAN 3 Solo lintas angkatan, yaitu lulusan tahun 1966-2021.

Melalui acara yang dikemas dengan tajuk Bincang Santai Dewan Penasihat, Pengurus, dan Alumni SMAN 3 Solo itu, Perry mengajak agar semua alumni berperan aktif mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan di sekolah almamater mereka.

Alumni SMAN 3 Solo yang sudah tersebar di berbagai penjuru itu diajaknya turun gunung dan ikut memberikan kontribusi terhadap kemajuan sekolah itu.

“Ayo kita bersama-sama turun gunung, karena untuk memajukan SMA Negeri 3 Solo ini memerlukan dukungan kita, tentunya sesuai kemampuan masing-masing, ibarat caping gunung, kita pakai caping kita, berkomitmen untuk ikut memajukan almamater dengan peran kita masing-masing,” ujarnya.

Sebagai orang yang pernah menuntut ilmu di SMAN 3 Solo, lanjut Perry, alumni diharapkan bisa migunani atau membawa manfaat bagi sekolah almamaternya.

Upaya memajukan SMAN 3 Solo yang selama ini telah dilakukan Roemah Tiga berfokus pada tiga hal.

Pertama, fasilitas fisik.

Perry menyebutkan, alumni di Roemah Tiga ikut aktif melengkapi fasilitas di SMAN 3 Solo, terutama untuk menunjang pembelajaran siswa.

“Contohnya memperbaiki gedung, ruang kelas yang tadinya sumpek, tidak ada ruang guru, ruang rapat, alhamdulilah selama periode kepengurusan ini sudah membantu melengkapi fasilitas itu,” tuturnya.

Kedua, berkaitan dengan upaya peningkatan kualitas pendidikan di SMAN 3 Solo.

Perry mengatakan pihaknya setahun lalu telah meluncurkan 7 Program Peningkatan Kualitas Pendidikan.

Program itu di antaranya diwujudkan dalam bentuk bimbingan belajar (bimbel) untuk siswa, bantuan bagi siswa tidak mampu, hingga beasiswa bagi siswa yang berhasil masuk ke sejumlah perguruan tinggi negeri yang masuk peringkat 10 besar terbaik.

Fokus ketiga adalah pada peningkatan kualitas guru-guru di SMAN 3 Solo.

“Saat ini kita ingin bisa meningkatkan kualitas guru-guru dengan berbagai program apa saja, yang nanti akan kita bicarakan,” katanya lagi.

Untuk mewujudkan harapan itu, Perry menegaskan diperlukan komitmen kuat dari alumni.

“Meskipun peran yang dapat diberikan masing-masing berbeda, komitmen dan tujuannya sama, yakni demi kemajuan SMAN 3 Solo, meningkatkan kualitas pendidikannya,” ucap dia.

Adapun acara Bincang Santai itu merupakan acara perayaan Hari Jadi ke-3 Roemah Tiga yang diperingati 3 Agustus 2022.

Ketua Umum Roemah Tiga, Monica Subiakto mengatakan selama tiga tahun Roemah Tiga telah bekerja keras secara profesional untuk memajukan almamater dan juga masyarakat.

“Pertemuan ini menjadi recharge energi bagi alumni agar ke depan bisa memberikan inovasi dan kontribusi yang lebih lagi,” kata Monica.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.