Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Umbul Besuki, Tempat Wisata Hits di Klaten untuk Libur Nataru

Traveler yang ingin libur Natal dan Tahun Baru ke tempat wisata alam, bisa berkunjung ke Klaten. Klaten memang terkenal akan tempat wisata alam, khususnya aneka umbul untuk berenang. Di Klaten, traveler bisa dengan mudah menemukan umbul yang populer, seperti Umbul Besuki misalnya.

Umbul Besuki merupakan tempat wisata air yang di dalamnya terdapat kolam renang alami dengan air dingin dan jernih. Umbul Besuki menawarkan pemandangan persawahan asri untuk memanjakan mata selama berenang. Jadi traveler yang ingin menghabiskan momen libur Natal dan Tahun Baru dengan berenang bisa datang ke Umbul Besuki.

Sebelum mengunjungi Umbul Besuki, ada baiknya simak operasionalnya dulu seperti jam buka, harga tiket masuk, daya tarik, dan lokasi tempat wisata ini. Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Umbul Besuki, Tempat Wisata Hits di Klaten untuk Libur Nataru Libur Lebaran di Klaten, Kunjungi Umbul Besuki dan 3 Tempat Wisata Air Lainnya

Harga Tiket Masuk Borobudur Land Desember 2023, Tempat Wisata Hits di Magelang Buat Libur Nataru Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Kampuang Sarosah Harau, Tempat Wisata Hits di Sumatera Barat Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Jungwok Blue Ocean 2024, Tempat Wisata Hits di Jogja

Tempat Wisata Umbul di Klaten Buat Liburan Akhir Tahun, Kunjungi Umbul Besuki yang Rindang Liburan Akhir Tahun ke Klaten, Ketahui Harga Tiket Masuk Umbul Besuki Terbaru Desember 2023 Tempat Wisata Paling Hits di Solo untuk Libur Lebaran 2024, Cek Harga Tiket Masuknya

Umbul Besuki berada di area yang cukup luas dengan kontur perbukitan. Setiap sudut di Umbul Besuki ditumbuhi pepohonan, sehingga cukup teduh meski berkunjung saat siang hari. Penataan kawasan Umbul Besuki pun cukup rapi.

Umbul Besuki memiliki beberapa kolam yang tersebar di beberapa bagian. Kolam utama tersebut berada di bagian depan, sehingga traveler pun disambut dengan kolam utama tersebut. Untuk kedalamannya, kolam utama di Umbul Besuki cukup bervariasi.

Selain kolam utama, Umbul Besuki juga memiliki beberapa kolam lainnya. Tak jauh dari kolam utama, terdapat kolam dewasa yang berada di bagian atas Umbul Besuki. Kolam tersebut memiliki kedalaman 1 sampai 1,4 meter dengan ukuran sedang.

Menurut Joko, kolam tersebut lebih aman nyaman pengunjung yang tidak terlalu mahir berenang. "Kalau yang tinggi badannya sekitar 150 cm aman di situ," ucap Joko. Selain itu, sambungnya, kolam tersebut juga lebih nyaman karena tidak terlalu ramai dibandingkan dengan kolam utama.

"Kalau yang di atas itu lebih nyaman. Lebih nyamannya dalam arti suasana sepi, kalau yang di sini kan lebih ramai," ungkapnya. Kemudian di bagian bawah, traveler dapat menemukan dua kolam dewasa, kolam anak, dan kolam terapi ikan. Kolam dewasa kedalamannya 1 sampai 1,2 meter dengan ukuran kecil.

Sementara kolam anak memiliki kedalaman 600 centimeter (cm). Joko menjelaskan, kolam utama tidak direkomendasikan bagi pengunjung yang belum mahir berenang. "Kadang kan saya tanya, 'bisa renang nggak?'. Kalau kira kira ragu dikasih alternatif ada kolam yang di atas atau bawah," kata Joko.

Meski demikian, Joko tentu tidak sempat bertanya pada semua pengunjung. Maka dari itu, ia dan tim selalu aktif berjaga setiap harinya jika terjadi kemungkinan terburuk. "Kita ada tiga, titik SAR (untuk berjaga). Jadi yang namanya tempat wisata kayak begini kan memang wajib ada tim SAR," ucapnya.

Traveler yang tertarik untuk mengunjungi Umbul Besuki, dapat mampir saat liburan ke Klaten. Untuk harga tiket masuknya cukup terjangkau. Traveler hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000 per orang untuk tiket masuk.

Tarif tersebut berlaku baik hari kerja (weekdays) maupun akhir pekan (weekend). Dengan membayar tiket tersebut, traveler akan mendapatkan air mineral kemasan secara gratis. Traveler dapat mengunjungi Umbul Besuki yang buka setiap hari.

Adapun jam operasionalnya berbeda saat weekdays dan weekend. Umbul Besuki buka pukul 07.00 16.00 WIB saat weekdays, sedangkan saat weekend buka pukul 07.00 17.00 WIB. Umbul Besuki berlokasi di Dukuh Kiringan, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Jaraknya sekira 13 kilometer dari pusat Kabupaten Klaten. Jika datang dari arah Klaten, traveler mengarahkan kendaraan melewati Jalan Pemuda. Nantinya traveler akan menemukan Masjid Agung Al Aqsa Klaten di kiri jalan.

Ikuti jalan menuju Jalan Raya Jogja Solo dan melajulah sejauh 12 kilometer. Sebelum Pasar Delanggu, traveler akan menemukan Toko Jempol di kiri jalan. Traveler bisa mengarahkan kendaraan memasuki jalan di sebelah toko tersebut, yaitu Jalan Delanggu Polanharjo.

Ikuti jalan sejauh 7 kilometer melewati Kantor Kecamatan Polanharjo dan Polsek Polanharjo. Tak jauh dari sana, traveler akan menemukan plang bertuliskan "Umbul Besuki". Masuklah ke dalam gang dan ikuti jalan tersebut.

Meski jalannya tak begitu lebar, namun sudah cukup baik dan penanda jalan cukup jelas. Nantinya traveler akan menemukan loket masuk Umbul Besuki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *