Kemenhub Sediakan Mudik Gratis Naik Bus dan Kereta Api, Simak Ketentuannya

Pemerintah telah bersiap menyambut masa Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024. Tercatat ada sejumlah langkah yang ditempuh oleh pemerintah Indonesia agar masa Libur Nataru berjalan lancar. Antara lain pengaturan transportasi darat, penyeberangan laut, pembelian tiket hingga layanan rest area jalan tol.

Pemerintah juga turut menambah jadwal penerbangan dan kereta, serta program mudik gratis Nataru. Termasuk pula menyiapkan jalan tol dan nasional baru. Hal itu bertujuan untuk menghindari penumpukan arus lalu lintas bagi pengguna transportasi darat di pulau Jawa dan Sumatera.

Melansir laman , Selasa (19/12/2023), pemerintah memprediksi sekitar 107,63 juta orang akan melakukan perjalanan pada Libur Nataru 2023/2024. Kemenhub Sediakan Mudik Gratis Naik Bus dan Kereta Api, Simak Ketentuannya LINK dan Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2024 Naik Kereta Api, Simak Syarat Lengkapnya di Sini

CATAT! Tanggal Mudik Gratis Kemenhub 2024, via Kereta Api, Bus, dan Kapal Laut Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2024, Ada Bus, Kereta Api hingga Kapal Laut Syarat Mudik Gratis 2024 Naik Bis, Kereta Api, dan Kapal Laut dari Kemenhub

Jadwal dan Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2024, Ada Bus, Kereta Api dan Kapal Laut Jadwal Mudik Gratis Kapal Laut, Bus dan Kereta Api dari Kemenhub, Cara Daftar dan Kuotanya Mudik Gratis Lebaran 2024, Pemprov Jateng Sediakan Bus dan Kereta Api, Ini Jadwal dan Syaratnya

Jumlah tersebut mengalami peningkatan drastis sebesar 143 persen dibandingkan tahun 2022/2023. Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan, puncak arus mudik libur Natal 2023 diprediksi terjadi pada 22 atau 23 Desember 2023. Adapun puncak arus balik akan terjadi pada 26 atau 27 Desember 2023.

Sedangkan puncak arus mudik libur tahun baru diprediksi akan terjadi pada 29 sampai dengan 30 Desember 2023. Sementara puncak arus balik akan terjadi pada 1 sampai 2 Januari 2024. "Kita harapkan penanganan lalu lintas darat ini akan jauh lebih baik dibanding Nataru tahun lalu dan tentu saja akan memberikan kenyamanan lebih baik untuk mereka yang akan melaksanakan kegiatan," ucap Menko Muhadjir.

Menko Muhadjir juga menerangkan, Kemenhub menyediakan mudik bareng gratis libur Nataru 2023/2024 dengan menggunakan bus dan truk untuk mengangkut sepeda motor. Tujuannya yakni meningkatkan aspek keselamatan dan kelancaran selama periode mudik Nataru 2023/2024, khususnya bagi masyarakat di sekitar Jabodetabek. "Kesempatan ini, saya juga menyerukan pada kementerian, lembaga pemerintah, dan perusahaan swasta juga untuk menyediakan perjalanan mudik gratis kepada karyawan dan kepada masyarakat umum, selain meringankan beban masyarakat juga akan mengurangi kecelakaan," papar Menko PMK.

Mudik gratis Nataru itu dikoordinasi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Kemenhub menyediakan mudik gratis guna meningkatkan keselamatan dan kelancaran selama perjalanan mudik Nataru yang berlangsung 20 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Para pemudik dapat mendaftarkan secara daring melalui aplikasi Mitra Darat mulai 5 20 Desember 2023 secara gratis.

Aplikasi Mitra Darat ini bisa diunduh di telepon seluler Android atau iOS. "Mayoritas pemudik akan menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor. Sebanyak 39,97 juta pergerakan masyarakat akan menggunakan mobil dan 20,14 juta mengendarai sepeda motor," kata Direktur Angkutan Jalan Kemenhub Suharto. Rencananya, kata Suharto, Kemenhub akan menyediakan 90 unit bus AKP dan Pariwisata dengan total 3.600 penumpang.

Sedangkan, untuk kendaraan sepeda motor, Kemenhub menyiapkan alokasi 120 unit yang diangkut oleh empat truk. Bagi pemakai sepeda motor dengan truk rencananya dilakukan pada Jumat, 22 Desember 2023 dari Terminal Tipe A Pondok Cabe. Pelepasan mudik gratis bagi penumpang dijadwalkan pada Sabtu, 23 Desember 2023 dari Terminal Kampung Rambutan DKI Jakarta dan Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Pihaknya menyediakan bus masing masing kapasitas 40 orang pada setiap tujuan. Kota tujuan yang disiapkan dalam mudik gratis ini yakni Jakarta Solo, Jakarta Yogyakarta, Jakarta Surabaya, Jakarta Wonosobo, Jakarta Semarang, Jakarta Wonogiri, Jakarta Cilacap, Jakarta Purwokerto, Jakarta Malang, Jakarta Kediri, Jakarta Madiun, dan bus untuk disabilitas. Sementara itu, untuk sepeda motor disediakan untuk dua kota tujuan Jakarta Solo dan Jakarta Yogyakarta.

Sebanyak 63 bus akan diberangkatkan dari Terminal Pulo Gebang, dengan estimasi 2.520 penumpang dan Terminal Kampung Rambutan 27 bus untuk membawa 1.080 penumpang. Sedangkan program mudik gratis kedua, yaitu menyediakan kereta api (KA) untuk mengangkut 696 motor untuk rute Jakarta Gudang–Semarang Tawang (PP). Kuota 116 motor per hari selama enam hari.

Rute stasiun yang dilewati adalah Stasiun Cirebon Prujakan, Tegal, dan Pekalongan. Mulai 16 Desember 2023, Ditjen Perkeretaapian Kemenhub mulai membuka pendaftaran bagi mudik gratis motor menggunakan KA. Untuk membaca artikel terkait berita viral, kunjungi .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *