Kesehatan

Operasi Tulang Belakang Serta Prosedur Operasi Tulang Belakang

Operasi tulang belakang bukanlah pengobatan utama untuk masalah tulang belakang. Namun, pada kondisi tertentu, prosedur perawatan ini terkadang diperlukan untuk membantu mengobatinya.

Apa itu operasi tulang belakang?

Operasi tulang belakang adalah prosedur medis untuk membantu mengobati berbagai masalah yang menyebabkan rasa sakit pada tulang belakang Anda. Umumnya, prosedur perawatan ini dilakukan ketika berbagai jenis perawatan medis lainnya telah gagal untuk menghilangkan rasa sakit di tulang belakang Anda atau semakin parah.

Sebagai informasi, nyeri tulang belakang atau back pain merupakan gejala yang umum dialami banyak orang. Biasanya, gejala ini akan membaik dengan sendirinya dalam waktu tiga bulan. Sementara jika pengobatan diperlukan, obat anti inflamasi, fisioterapi, atau perawatan non-bedah lainnya biasanya cukup untuk mengobati kondisi ini.

Untuk mendapatkan perawatan yang tepat, tim dokter akan membantu Anda memutuskan apakah operasi sesuai untuk kondisi Anda.

Siapa yang membutuhkan operasi tulang belakang?

Pembedahan untuk tulang belakang biasanya dilakukan pada seseorang yang mengalami nyeri pada punggung secara terus menerus. Namun, berbagai pengobatan medis yang telah diberikan belum menunjukkan hasil yang optimal.

Selain itu, perawatan ini juga bisa menjadi pilihan bagi seseorang yang mengalami nyeri atau mati rasa pada salah satu atau kedua lengan dan kaki. Biasanya gejala ini terjadi karena adanya tekanan pada sumsum tulang belakang, baik karena masalah pada tulang belakang atau tumbuhnya taji tulang di tulang belakang akibat osteoarthritis.

Berikut beberapa kondisi medis yang umumnya memerlukan pembedahan pada tulang belakang:

  • Cakram atau bantalan tulang belakang yang rusak, seperti menonjol atau pecah.
  • Stenosis tulang belakang, yakni penyempitan tulang belakang yang memberi tekanan pada sumsum tulang belakang dan saraf.
  • Spondylolisthesis, yaitu suatu kondisi ketika satu atau lebih tulang di tulang belakang terlepas dari tempatnya.
  • Fraktur tulang belakang, yang disebabkan oleh cedera tulang belakang atau osteoporosis.
  • Penyakit pada cakram tulang belakang yang terjadi secara degeneratif atau karena proses penuaan.
  • Kelainan tulang belakang, seperti skoliosis atau kyphosis, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Prosedur operasi tulang belakang

Dokter akan memulai operasi dengan memberi Anda anestesi umum. Ini berarti Anda akan tidur nyenyak selama prosedur pembedahan. Setelah Anda tidak sadar, kateter untuk drainase urin dapat ditempatkan.

Setelah itu, semua rambut yang tumbuh di sekitar lokasi operasi akan dipotong. Area operasi juga akan dibersihkan dengan sabun khusus atau antiseptik untuk mencegah infeksi.

Setelah persiapan selesai, dokter akan membuat sayatan di leher, punggung, perut, atau tenggorokan untuk dapat mengakses tulang belakang yang bermasalah. Otot-otot di sekitarnya akan didorong atau diregangkan.

Pada foraminotomi, taji tulang atau cakram yang menghalangi foramina diangkat. Sementara operasi laminotomi, laminektomi, dan diskektomi, pengangkatan bagian tulang atau cakram yang bermasalah akan dilakukan.

Adapun operasi fusi tulang belakang, tulang akan bergabung setelah sayatan dibuka. Setelah itu, alat-alat logam seperti sekrup, atau cangkok tulang akan dipasang untuk merekatkan atau menstabilkan tulang yang telah disambung.

Setelah selesai, sayatan akan ditutup dengan jahitan. Kemudian, perban atau pembalut steril akan diterapkan untuk mencegah infeksi.

Tidak seperti jenis operasi lainnya, vertebroplasty dan kyphoplasty umumnya tidak memerlukan sayatan. Dalam kedua prosedur ini, dokter Anda akan memasukkan balon dan semen tulang melalui jarum suntik ke area kulit dan otot punggung Anda.

Apa itu penggantian sendi panggul?

Penggantian sendi panggul adalah prosedur di mana ahli bedah mengangkat baviaan yang rusak atau sakit dari pinggul pasien dan sekaligus menggantinya dengan bagian buatan. Sendi bundar ini juga dikenal sebagai prostesis. Prostesis pinggul dapat dibuat dari logam, keramik, plastik, atau kombinasi dari bahan-bahan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.