Perbedaan Cara Membuat Tanda Tangan Digital dan Elektronik

Di era digital saat ini, tanda tangan digital dan tanda tangan elektronik sering digunakan untuk menyetujui dokumen dan transaksi online. Meskipun keduanya terdengar mirip, mereka memiliki perbedaan mendasar dalam cara kerja dan tingkat keamanannya. Berikut adalah perbedaan utama antara cara membuat tanda tangan digital dan tanda tangan elektronik.

Tanda tangan elektronik adalah istilah umum yang mencakup berbagai metode untuk menunjukkan persetujuan terhadap dokumen elektronik. Ini bisa berupa ketikan nama, gambar tanda tangan, atau simbol yang digunakan untuk menandatangani dokumen.

Cara kerja tanda tangan elektronik sendiri berbeda dengan cara membuat tanda tangan digital. Tanda tangan elektronik biasanya dibuat dengan mengetik nama atau menggunakan alat gambar pada perangkat digital. Metode ini tidak memerlukan teknologi enkripsi khusus dan lebih mudah diimplementasikan.

Keamanan tanda tangan elektronik sendiri bergantung pada platform yang digunakan. Namun, tanda tangan elektronik umumnya memiliki tingkat keamanan yang lebih rendah dibandingkan tanda tangan digital karena tidak melibatkan teknologi enkripsi atau otentikasi lanjutan. Tanda tangan elektronik sering digunakan dalam situasi yang tidak memerlukan tingkat keamanan tinggi, seperti persetujuan email atau formulir online sederhana.

Sementara itu, tanda tangan digital adalah jenis tanda tangan elektronik yang menggunakan teknologi kriptografi untuk memverifikasi identitas penandatangan dan keaslian dokumen. Tanda tangan ini memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Cara membuat tanda tangan digital yaitu menggunakan sertifikat digital yang dikeluarkan oleh Otoritas Sertifikasi (CA). Proses ini melibatkan enkripsi data dengan kunci pribadi dan kunci publik untuk memastikan integritas dan otentisitas dokumen.

Tanda tangan digital memiliki keamanan yang tinggi karena melibatkan teknologi enkripsi dan proses verifikasi yang ketat. Ini memastikan bahwa dokumen tidak dapat diubah setelah ditandatangani dan identitas penandatangan dapat diverifikasi dengan pasti. Dalam penggunaannya, tanda tangan digital digunakan dalam situasi yang memerlukan tingkat keamanan dan keabsahan yang tinggi, seperti kontrak bisnis, dokumen keuangan, dan transaksi hukum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *