Tips

Tips Memilih Jasa Kirim untuk Bisnis Online

Di era online ini, kebutuhan akan jasa pengiriman semakin meroket. Berkat kerja keras para penyedia jasa kirim, sekat antara dunia online dan offline kini semakin mencair. Pemilik usaha tidak lagi diharuskan memiliki toko fisik, pembeli tidak diharuskan datang ke toko offline untuk berbelanja.

Apalagi pandemi yang belum berakhir membuat pergerakan masyarakat semakin terbatas. Keadaan ini memaksa masyarakat untuk mendapatkan kebutuhannya dengan berbelanja di toko online. Oleh karena itu, pengiriman barang di masa pandemi tercatat mengalami peningkatan hingga 50%.

Jika Anda memiliki toko online dan ingin meningkatkan kualitas layanan yang diberikan, jangan lupa untuk memberikan faktor penting dalam bisnis Anda, yaitu memastikan bahwa layanan pengiriman Anda mampu memberikan kepuasan bagi Anda dan pelanggan Anda.

Misalnya dalam hal ketepatan waktu pengiriman barang, keamanan barang yang dikirimn dan kecepatan pengiriman dari luar negeri seperti barang import amerika. Berikut tips yang bisa Anda lakukan saat memilih jasa pengiriman terpercaya agar pesanan sampai ke pelanggan dengan cepat dan akurat.

Bagaimana Tips Memilih Jasa Kirim Barang?

  1. Pastikan Anda dapat mengirimkan tepat waktu

Ketepatan waktu pengiriman menjadi kriteria utama dalam memilih jasa pengiriman. Untuk itu, Anda bisa melihat bagaimana track record dari freight forwarder tersebut, apakah mampu mengantarkan barang sesuai waktu yang ditentukan.

Anda bisa bertanya kepada sesama pebisnis atau teman yang menggunakan jasa pengiriman barang tertentu. Selain itu, mencari informasi di internet tentang keluhan pelanggan dapat membantu Anda menentukan pilihan.

  1. Biaya layanan pengiriman yang wajar

Harga harus dipertimbangkan karena mempengaruhi faktor keputusan pelanggan sebelum membeli produk Anda. Pelanggan seringkali mengurungkan niat mereka untuk membeli produk Anda hanya karena biaya pengiriman yang terlalu mahal.

Untuk itu, disarankan agar Anda menyediakan beberapa opsi pengiriman dengan harga yang bervariasi agar pelanggan dapat memilih yang diinginkan.

  1. Bisa mengantarkan barang dengan aman

Terburu-buru tidak cukup. Pastikan jasa pengiriman yang Anda pilih juga mampu mengantarkan barang dengan cepat dan aman. Sebab, tidak ada pelanggan yang mau menerima barang rusak, apapun permainannya.

Untuk alasan ini, Anda disarankan untuk memilih pengirim barang dengan rekam jejak yang baik dan juga menawarkan asuransi penggantian jika terjadi kerusakan.

  1. Pengiriman dapat dilacak secara real-time

Satu hal yang lucu tentang pelanggan adalah mereka tidak sabar untuk menerima barang yang mereka pesan secara online. Merek akan ingin tahu bagaimana proses pengirimannya, di mana barang itu tiba, dan kapan barang itu diharapkan tiba.

Untuk itu, penting bagi Anda sebagai pemilik bisnis untuk memilih jasa pengiriman yang memberikan update proses pengiriman barang, sehingga pelanggan juga dapat melacak pesanannya.

  1. Menyediakan paket pengiriman lengkap

Biasanya jasa pengiriman menyediakan beberapa paket pengiriman dengan jangka waktu dan harga yang berbeda-beda. Pilihan ini memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk menyesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan mereka.

Meskipun pelanggan biasanya memilih yang tercepat, ketersediaan opsi untuk pengalaman berbelanja yang lebih baik.

  1. Hubungan bisnis dan pengiriman barang

Setiap toko online dan jasa pengiriman memiliki hubungan simbiosis mutualisme. Toko online memudahkan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, jasa pengiriman juga mendapatkan keuntungan dari pendapatan yang mereka dapatkan. Namun, hubungan yang paling menguntungkan dengan keduanya? Tentu saja para pembeli.

Berikut manfaat yang dirasakan pelanggan dengan kekompakan toko online dan layanan pengiriman.

  • Barang sampai lebih cepat
  • Kualitas barang lebih baik
  • Belanja jadi lebih nyaman

Namun, apakah layanan pengiriman hanya menguntungkan toko online? Tentu tidak, karena bisnis offline bisa mendapatkan keuntungan yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.