Tips Mengidealkan Berat Badan Bayi Sesuai Usia

Cara membuat berat badan ideal bayi bisa saja menjadi salah satu hal yang sangat ingin diketahui oleh para Moms. Hal itu normal mengingat penurunan berat badan dapat terjadi pada bayi. Sebagian besar bayi baru lahir akan secara konsisten akan mengalami penambahan berat badan, apalagi bagi yang meminum ASI (Air Susu Ibu) yang cukup.

Nutrisi yang cukup, tentu saja, menjadi kunci agar bayiMoms mempunyai tubuh yang tumbuh kembang dengan baik. Walaupun tak jarang, bayi yang cuma mengonsumsi ASI sejak lahir kehilangan hingga 11% dari berat lahir mereka selama minggu pertama. Hal ini juga akan membantu proses imunisasi bayi.

Bagaimana Tips mengidealkan berat badan bayi?

Apabila pertambahan berat badan Si Kecildirasa  kurang dari normalnya, ada beberapa hal yang dapat Bunda lakukan untuk membantu dalam mengidealkan berat badannya, yaitu sebagai berikut:

  1. Menyusui lebih sering

Hal pertama yang bisa Bunda lakukan untuk membantu mengidealkan berat badan Si Kecil ialah moms harus lebih sering menyusui. jika memungkinkan, para ibu dapat menyusui Si Kecil setiap 2 hingga 3 jam dengan durasi setiap menyusui 20 menit.

Bila Si Kecil sudah mulai mengantuk atau berhenti menyusu sebelum 20 menit, sebaiknya Bunda mengganti posisi menyusui, membantunya untuk bersendawa terlebih dahulu, atau menggelitik kaki Si Kecil untuk membuatnya menyusu kembali.

  1. Berikan makanan bergizi

Jika Si Kecil sudah mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI), berikanlah Si Kecil menu makanan bergizi yang kaya akan kalori, protein, serat, dan lemak baik, seperti pisang, alpukat, keju, dan yoghurt. Bunda juga bisa mencampurkan minyak zaitun ke berbagai makanan yang akan dimakan Si Kecil.

 

Selama memberikan MPASI, Bunda tidak boleh sampai lupa untuk tetap menyusui Si Kecil. jika perlu, Bunda juga dapat memberikan Si Kecil susu formula untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya.

  1. Konsumsi makanan bergizi

Jika kurangnya berat badan Si Kecil dikarenakan oleh produksi ASI yang menurun, maka Bunda harus melakukan suatu cara untuk meningkatkan produksi ASI, seperti susui Si Kecil sesering mungkin, kelola stres, konsumsi makanan yang bergizi, terutama makanan yang bisa memperbanyak ASI, seperti gandum dan wortel.

Jangan lupa juga untuk beristirahat, mencukupi kebutuhan cairan tubuh, dan memijat payudara supaya membantu meningkatkan produksi ASI ya, Bun.

  1. Temui konsultan laktasi

Apabila jumlah ASI masih saja sedikit padahal Bunda telah melakukan berbagai cara dalam meningkatkan produksi ASI, sebaiknya konsultasikan dengan konsultan laktasi. Bunda akan dituntun cara-cara dalam meningkatkan produksi ASI yang tepat, termasuk posisi yang nyaman ketika menyusui.

  1. Pertimbangkan tindakan operasi untuk tongue-tie

Jika Si Kecil susah menyusu akibat tongue-tie, maka untuk mengatasinya dokter bisa menyarankan frenotomy, yaitu tindakan operasi untuk memotong jaringan tipis yang ada di bawah lidah. Dengan melakukan ini, lidah Si Kecil akan dapat bergerak bebas dan mampu mengisap ASI dengan baik.

  1. Pijat bayi

Memijat bayi bisa meningkatkan bobot bayi bila dilakukan secara rutin. Bunda bisa melakukan pijat bayi ini di area kaki, perut, dada, tangan, dan punggung. manfaat pijat bayi untuk meningkatkan berat badan bayi ialah:

  • Pijat bayi akan merangsang saraf vagus dan lalu meningkatkan peristaltik usus, sehingga penyerapan makanan dalam tubuh akan optimal.
  • Gerakan untuk pijat pada bayi juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan metabolisme sel, sehingga berat badan bayi akan semakin meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *